Senin, 10 Desember 2012

hiro-hiro di Harian Kedaulatan Rakyat



KEDAULATAN RAKYAT”
SENIN PAHING 19 NOVEMBER 2012
HALAMAN 13

Dalam bidang seni animasi, Yogya salah satu kota yang dikenal kreatif. Banyak kelompok animator di Yogya yang berprestasi, di antaranya studio 'Kasatmata' yang terus mengembangkan produk animasi agar bisa bersaing dengan daerah lain. Kini diciptakan karakter pahlawan dengan nama 'hiro-hiro' yang diharapkan bisa digemari.
Direktur Studio Kasatmata, Rimbar Diorisma mengatakan, tokoh baru ini diciptakan oleh 12 animator dengan ciri lekukan dari bentuk wayang Nusantara. Karakter dasar ini bisa berkembang menjadi bentuk baru yang beraneka rupak, sehingga berencana mengangkat kembali kisah Pahlawan dan Dongeng Nusantara.
“Ini murni karya lokal dan sudah dipatenkan di Kemenkumham. Tokoh Hiro – Hiro ini bisa diubah menjadi Sultan Hasanuddin, Tjut Nyak Dien, Ki Hajar Dewantara dan Tokoh Proklamator. Selain itu, bisa diplesetkan menjadi tokoh lain tanpa bermaksud melecehkan seperti Jokowi, Barrack Obama sampai Chris Jon,” kata Rimbar saat audensi dengan Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat Octo Lampito, belum lama ini. Ceritanya, seorang anak tiba-tiba masuk dunia yang aneh. Karena disitu bertemu dengan tokoh pahlawan yang hanya ada dalam sejarah.Rimbar yang didampingi Sutradara Gangsar Waskito dan Art Director Muhammad Ihlas menjelaskan, Studio Kasatmata sudah aktif memproduksi film animasi berkelas sejak tahun 2002 seperti Homeland pada 2004. Film animasi 3D pertama di Indonesia ini mendapatkan penghargaan Nasional dan Internasional. Bahkan, sampai saat ini terus menggarap iklan layanan sosial dari instansi pemerintah dan swasta.
“Kami pernah menawarkan hasil produksi kepada televisi swasta nasional, namun seleksinya sangat ketat. Manajemen stasiun televisi menyodorkan beberapa persyaratan seperti menyiapkan puluhan episode. Kami terbentur dana dan SDM yang ada. Kondisi ini jauh dibandingkan Malaysia karena pemerintah disana mendukung penuh,” ujarnya.
Menurut Muhammad Ihlas, melalui tokoh 'Hiro-Hiro' berencana membuat film animasi berjudul "Aditya dan Putri Matahari". Film ini memberi makna positif bagi anak dan uniknya, tokoh sentral film itu akan bertemu dengan pahlawan nasional. Selain itu, tokoh dongeng yang terkenal selama ini seperti Timun Mas, Cinderella Sampai Buto Ijo. Rencananya, film ini akan dipasarkan dalam bentuk cakram digital (CD).
“Kami juga aktif membuat cerita online dengan tetap mengusung nilai edukasi. Misalnya tentang Sumpah Pemuda dan bisa disaksikan di facebook fanpage dengan alamat www.facebook.com/hiroNfriends. Hiro juga bisa disaksikan di youtube dengan berbagai kreasinya,” imbuhnya sembari mengungkapkan, tokoh ini diaplikasikan dalam berbagai merchandise seperti boneka, poster atau kaos dalam berbagai karakter. Bahkan, dalam waktu dekat meluncurkan seri 'Hiro-Hiro' Pahlawan dengan menggandeng perusahaan kaos lokal.
“Kami ingin memasyarakatkan Hiro-Hiro dan bisa mendunia sehingga tidak kalah dengan tokoh karakter lainnya. Selama ini, anak-anak hanya mengenal tokoh karakter dari luar negeri dan berharap pemerintah bisa memperhatikan animasi sebagai industri kreatif nasional,” tandasnya. (*-26) -s


Tidak ada komentar:

Posting Komentar